Diet menjadi salah satu hal berat untuk seseorang yang tidak suka memakan sayuran. Meskipun sering dikaitkan dengan memakan santapan bergizi tinggi termasuk sayur, food plan nyatanya bisa dilakukan meskipun tanpa memakan sayur.
WowKeren – Ketika seseorang memutuskan untuk berdiet, langkah pertama yakni mengurangi asupan kalori dan lemak jenuh serta memperbanyak asupan vitamin dari sayuran. Namun hal itu, menjadi salah satu hal berat untuk seseorang yang tidak suka memakan sayuran.

Meskipun sering dikaitkan dengan memakan santapan bergizi tinggi termasuk sayur, diet nyatanya bisa dilakukan meskipun tanpa memakan sayur. Jadi, jangan sampai enggak suka makan sayur jadi alasan kalian untuk tidak menerapkan pola hidup sehat.

Walau kamu tak memasukkan sayuran ke dalam menu food regimen, kalian harus tetap membakar kalori sama banyaknya dengan yang masuk ke dalam tubuh. Jadi jangan lupa untuk mencatat jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu ada beberapa cara lain yang bisa kalian terapkan untuk berdiet bagi “pembenci” makan sayur loh. Penasaran? Yuk disimak 7 tip food plan tanpa sayur yang tim WowKeren rangkum di bawah ini!

(wk/putr) 1. Jika Tak Suka Makan Sayur, Jadikan Sayur Sebagai Jus Saja

Beberapa orang mungkin tak suka sayur karena rasanya yang tak terlalu enak. Jika begitu, kalian bisa akali dengan membuat sayuran menjadi jus sehat yang praktis dan tinggal diminum. Jika masih tak suka dengan rasa murni sayuran kalian bisa mencampurnya dengan berbagai buah manis sehingga menjadi smoothie menyegarkan.

Jaman sekarang kalian bisa dengan mudah menemukan produk-produk smoothie sayur dan buah dalam kemasan yang siap minum. Tetapi jika kalian ingin mencoba membuat jus sendiri, cobalah membuat jus buah terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dengan sayur-sayuran. Usahakan tidak menggunakan tambahan gula yang berlebihan agar kalori tidak bertambah.

2. Penuhi Asupan Protein Dari Bahan Lain Sebagai Pengganti Sayur

Bahkan saat tidak sedang food regimen pun setiap hari tubuh kalian membutuhkan asupan serat yang banyak terdapat pada kandungan sayur. Kalian bisa memperoleh serat dari bahan-bahan makanan lainnya seperti kacang atau biji-bijian.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein harian yang biasanya terdapat pada sayuran hijau seperti brokoli atau bayam, kalian bisa mengakalinya dengan makanan seperti tempe, tahu, ataupun kentang. Penuhi juga asupan protein hewani dengan makan telur, daging ayam, daging ikan, dan makanan laut lainnya.

three. Konsumsi Buah Rendah Gula Sebagai Pengganti Asupan Serat

Meskipun hanya beberapa, namun tak sedikit loh buah yang mengandung gizi hampir sama setara dengan gizi sayuran. Meskipun tidak terlalu banyak jenis buah yang bisa kalian gunakan bersama dengan masakan, tetapi biasanya buah-buahan seperti nanas, mangga, lemon, bahkan alpukat bisa menjadi bahan dasar saus atau sekedar sebagai pelengkap asupan diet tanpa sayur kalian.

Beberapa jenis buah yang memiliki kadar gula yang rendah seperti jeruk bali, apel, dan buah berry juga sangat baik untuk dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Buah-buahan tersebut kaya akan vitamin, mineral, air, dan minim kalori sehingga bisa memberikan manfaat sehat bagi tubuh. Selain itu agar bisa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah tertarik untuk ngemil, kalian bisa mengkombinasikan buah dengan protein layaknya selai kacang.

4. Cari Bahan Makanan Rendah Lemak Agar Kolestrol Tidak Naik

Tanpa sayur, kalian akan mencari bahan pengganti lain. Nah dalam mencari bahan tersebut, kalian juga tetap harus memerhatikan asupan rendah lemak pada proses melakukan diet tanpa sayur ini. Kalian bisa menggunakan bahan makanan rendah lemak seperti minyak kelapa ataupun minyak zaitun.

Keduanya merupakan jenis minyak yang mengandung kandungan lemak jenuh yang sedikit. Dengan mengkonsumsi asupan rendah lemak ini, kalian juga bisa mencegah naiknya kolesterol tubuh sambil mengurangi porsi lemak berlebih pada tubuh.

5. Minum Protein Shakes Agar Bertenaga Dan Kenyang Lebih Lama

Seperti yang dibahas di atas jika menjaga asupan protein juga sama pentingnya dengan menjaga asupan lemak. Ketika kalian berusaha untuk menurunkan berat badan, menjaga kalori dan mengontrol porsi makan adalah kuncinya. Inilah sebabnya protein sangat berpengaruh.

Pada dasarnya protein shake biasanya berasal dari whey, kedelai, dan protein kasein. Ketiga bahan tersebut mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung metabolisme tubuh, menstabilkan tekanan darah, dan membantu membuat protein lainnya. Susu ini juga diyakini setara dengan satu porsi makan karena kandungan gizinya yang lengkap dan mengenyangkan.

6. Berolahraga Rutin Juga Menjadi Kunci Utama

Seperti yang diketahui bahwa kunci utama sukses food plan adalah membakar kalori. Cara terbaik untuk membakar kalori adalah dengan memacu detak jantung. Namun, hal ini bukan berarti kalian harus fokus lari saja. Seorang ahli menyarankan untuk berolahraga dengan interval yakni berpindah-pindah gerakan antara kardio dan latihan kekuatan.

Selain itu, dengan rutin olahraga maka tubuh akan membakar kalori dengan lebih banyak. Jadi meskipun kalian tak makan sayur, kalian masih bisa mengontrol asupan kalori tubuh dengan rutin berolahraga. Intip juga yuk menu food regimen yang cocok untuk lidah orang Indonesia di sini. Simak juga menu food plan yang harusnya enggak dikonsumsi di sini.

7. Ubah Cara Penyajian Sayur Sehingga Rasanya Jadi Lebih Nikmat

Banyak orang yang tidak suka sayur karena rasanya yang pahit, langu, atau bau. Hal itu terjadi karena sayuran tersebut tidak dimasak atau disiapkan secara benar. Inilah ada baiknya kalian mencari cara untuk mengolah sekaligus menyajikan sayuran dengan lebih baik sehingga bisa merasakan sensasi enak saat mengkonsumsinya.

Sebaiknya kalian mencari tahu bagian apa dari sayuran yang tidak kalian sukai. Kemudian cobalah untuk menghilangkan hal tadi dengan cara persiapan atau cara masak yang berbeda. Proses memasak yang sesuai bisa membuat hal yang menyebalkan dari sayuran tadi hilang, sehingga kalian bisa mengkonsumsinya.