Ketombe adalah suatu kondisi umum yang hampir dialami oleh semua orang, baik itu pria maupun wanita dari segala usia. Kondisi seperti ini memang dapat mengurangi rasa percaya diri. Menurut Medical News Today, ketombe adalah kondisi kulit kepala yang menyebabkan munculnya serpihan kulit dan sering disertai dengan rasa gatal. Berikut ini adalah lima penyebab ketombe dan cara mengatasinya yang perlu kamu tahu. Baca sampai habis ya, dear!

1. Pemilihan produk perawatan rambut
Menggunakan produk perawatan rambut seperti sampo bisa mencegah timbulnya ketombe. Namun, pastikan produk yang kamu gunakan tepat dan sesuai dengan kondisi kulit kepalamu. Karena sampo yang tepat dapat merawat kulit kepala dan rambut secara menyeluruh, seperti HEAD & SHOULDERS Shampoo Anti Ketombe Lemon Segar.

Presented by HEAD & SHOULDERS

Kandungan ekstrak sitrus di dalam HEAD & SHOULDERS Shampoo Anti Ketombe Lemon Segar yang bisa kamudapatkan di sini mampu membuat rambutmu terasa ringan, bersih, harum, dan lembut, sehingga rambutmu dapat tergerai bebas dengan aroma bersih dan segar yang tahan lama. Gunakan secara rutin untuk hasil yang optimal, ya!

Bila tidak cocok, produk yang kamu gunakan justru bisa mengakibatkan alergi dan memicu munculnya ketombe. Selain itu, terlalu sering menggunakan produk penata rambut juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe.

2. Tidak Rajin Membersihkan Rambut
Salah satu penyebab ketombe yang paling umum adalah karena kamu tidak membersihkan rambut secara teratur. Ketika kamu malas mencuci rambut, terjadi penumpukan minyak, kotoran dan sel-sel kulit mati di kulit kepala yang meningkatkan risiko munculnya ketombe. Bersihkan rambut paling tidak dua hari sekali dengan menggunakan sampo anti-ketombe atau sampo dengan kandungan yang dapat mengurangi minyak berlebih di kulit kepala. Pastikan juga kamu membilasnya secara menyeluruh, ya ladies.

3. Jarang menyisir rambut
Menyisir secara teratur dapat mengurangi risiko ketombe, lho! Mengapa? Karena kebiasaan tersebut membantu shedding atau peluruhan kulit mati di kepala. Kalau kamu jarang menyisir rambut, kulit kepala tidak akan “bernapas” sebagaimana mestinya seperti saat kamu menyisir rambut. Mulai hari ini, biasakan untuk selalu menyisir rambut setelah mandi, ya!

Baca juga : Kenali Tipe Rambut Anda: Normal, Kering Atau Berminyak?

4. Diet
Jika kamu sedang menjalani program food regimen, tidak menutup kemungkinan pola food plan kamu bisa menjadi salah satu penyebab ketombe. Menjalani program diet tanpa pengawasan ahlinya bisa membuat kamu kehilangan nutrisi seperti vitamin B dan seng yang dapat meningkatkan risiko munculnya ketombe.

5. Stres
Penyebab ketombe selanjutnya yaitu tingginya tingkat stres. Pasalnya, terlalu stres mengakibatkan perubahan pada hormon yang membuat kulit kepala kamu menghasilkan banyak minyak. Kondisi kulit kepala seperti inilah yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Menjaga kondisi mental agar tidak terlalu stres dapat menjadi cara untuk mengatasi dan mencegah ketombe.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami masalah ketombe, kamu tidak perlu khawatir karena Cosmo punya ideas untuk mengatasinya.

1. Menggunakan Lidah Buaya
Lidah buaya sudah dikenal sebagai bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, termasuk mengatasi ketombe. Hal ini bukan tanpa alasan, karena lidah buaya memang mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu pemulihan jaringan, melembapkan kulit dan memberikan efek menenangkan. Kulit kepala yang terbebas dari minyak berlebih dan lembap akan membuat ketombe malas untuk singgah di kulit kepalamu. Selain itu, lidah buaya juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur penyebab ketombe.

Oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala kamu secara merata. Biarkan selama kurang lebih 30 menit agar gel lebih menyerap, lalu bersihkan rambut hingga bersih. Lakukan perawatan rambut ini sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Menggunakan Minyak Kelapa
Cara mengatasi ketombe selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak kelapa (coconut oil). Minyak yang satu ini juga dikenal mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk ketombe. Minyak kelapa memiliki sifat anti-mikroba serta dapat memberikan hidrasi untuk mengatasi masalah ketombe.

Baca juga : 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Berketombe

three. Menggunakan Tea Tree Oil
Selain untuk mengobati jerawat, tea tree oil juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Minyak ini memiliki sifat anti-mikroba dan anti peradangan yang mampu mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab ketombe serta dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan. Kamu bisa mencampurkan tea tree oil murni dengan sampo yang biasa kamu gunakan. Namun, kamu harus hati-hati ladies, karena jika kamu memiliki kulit kepala yang sensitif, minyak ini dapat menyebabkan iritasi. Tipsnya, kamu bisa mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa sebelum mengoleskannya ke kulit kepala.

4. Menggunakan Cuka Apel
Cuka apel juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe secara alami. Sifat asam yang dimiliki cuka apel membuatnya mampu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala sehingga dapat mengatasi ketombe. Caranya, campurkan cuka apel dan air ke dalam botol spray dengan perbandingan 7:three, atau kamu bisa mengkombinasikan cuka apel dengan sampo atau minyak esensial lainnya.

Selain empat cara di atas, untuk mencegah dan mengatasi ketombe, kamu juga perlu untuk mengatur stres dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Hope it really works, expensive!

(Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Juliana Stein on Pexels)