Terkini.id, – Manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, baik makanan yang banyak mengandung lemak seperti gorengan, daging maupun makanan yang banyak mengandung protein dan serat seperti sayur-sayuran.

Namun terkadang, manusia tidak memperhatikan mana makanan yang baik untuk kesehatan dan mana yang tidak. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan sehat yang perlu dikomsumsi sehari-hari.

1. Sawi

Sayuran yang satu ini kaya akan vitamin A, B, C, E, dan K. Selain itu itu, sawi juga mengandung karbohidrat, protein, lemak baik yang berguna untuk kesehatan tubuh, serta mineral yang membantu proses penurunan berat badan

2. Ikan

Di dalam ikan terdapat protein berkadar tinggi serta lemak yang baik bagi tubuh. Dengan mengkomsumsi ikan setiap harinya, selain mendapatkan vitamin B6, B12, A, D, serta mineral yang baik untuk otak, ikan juga dapat menjadi alternatif pengganti daging.

three. Susu

Susu sapi yang segar sangat tinggi akan vitamin, protein, mineral, karbohidrat, dan lain-lainnya. Dengan mengkomsumsi segelas susu setiap hari, maka tubuh akan merasakan banyak manfaat. Di antaranya, tulang menjadi kuat, kinerja otak meningkat, daya pengelihatan semakin meningkat, serta menguatkan jantung, dan masih banyak lagi.

four. Telur

Hampir seluruh masyarakat gemar mengkomsumsi telur. Selain rasanya yang enak, ternyata telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Termasuk vitamin A, riboflavin, asam folfat, vitamin B6, fosfor, dan masih banyak lagi. Ternyata, telur ayam juga disebut-sebut sebagai sumber protein terlengkap dan termurah. Jadi bagi kalian yang senang mengkomumsi telur, bisa merasakan manfaatnya, asal jangan berlebihan.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, khususnya kacang tanah kaya akan lemak, mengandung protein yang tinggi, zat besi, vitamin, serta kalsium. Menurut Dr. Sears vitamin dan energi yang terkandung dalam kacang-kacangan dapat menghambat proses penuaan.

Selain itu, mengkomumsi kacang juga dapat mengontrol berat badan. Hal ini disebabkan oleh lemak dan protein kacang dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

6. Mangga dan buah-buahan lainnya

Siapa yang tidak suka dengan mangga? Buah yang satu ini mungkin menjadi buah kegemaran seluruh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang membuat orang ketagihan, mangga juga memiliki segudang manfaat bila dikomsumsi.

Energi, karbohidrat, protein, kalium, dan masih banyak lagi semua terkandung di buah mangga. Beberapa manfaat mangga adalah mencegah penyakit diabetes, mencegah kerusakan atau degenerasi makula, mencegah penyakit jantung, sumber zat besi, dan masih banyak lagi yang bisa kita dapatkan.

Itulah makanan sehat yang baik dikomsumsi sehari-hari. Apa saja yang sudah kalian makan hari ini? Bagaimana menurut kalian?