Terdapat banyak tren teknologi baru yang berkembang sepanjang tahun 2019 lalu. Contohnya e-cash dan e-wallet, AR dan VR, hingga foldable smartphone. Semuanya memberikan dampak yang positif bagi kehidupan manusia.

Kini, dengan masuk ke era yang baru akan lebih banyak lagi tren teknologi yang berkembang. Semuanya akan semakin canggih, otomatis, serta futuristik. Penasaran teknologi apa saja yang akan mendefinisikan 2020 ini? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Jaringan 5G
atlas-community.comKamu pasti sudah tidak lagi asing dengan teknologi yang satu ini. Jaringan 5G sudah diumumkan sejak tahun lalu tetapi memang belum dipakai secara menyeluruh. Namun di tahun ini, kamu bisa berekspektasi lebih.

Teknologi yang kabarnya memiliki kinerja yang cepat ini akan berkembang secara stabil di 2020. Laman Verizon mengatakan bahwa menurut perkiraan, 5G akan menguasai separuh dari seluruh negara di dunia. Baik smartphone hingga smart device lain dapat tersambung dengan jaringan ini.

2. Smart house semakin digandrungi
bardi.co.idSmart home adalah rumah yang dipenuhi oleh peralatan-peralatan pintar yang dapat bekerja secara otomatis. Misalnya good bathroom, robot vacuum cleaner, pembuka garasi otomatis, hingga tempat tidur pintar. Semuanya tersambung dengan aplikasi virtual assistant yang ada di smartphone kita, seperti Google Assistant, Alexa, atau Siri.

Meski belum menjadi tren yang dilirik di Indonesia, kabarnya good home akan semakin populer pada tahun ini. Khususnya di kalangan masyarakat menengah ke atas. Terlebih lagi, tiga perusahaan digital assistant sedang berupaya membuat peralatan yang kompatibel dengan satu sama lain.

3. Artificial intelligent semakin merajalela
techstartups.comArtificial clever (AI) merupakan tren teknologi yang banyak digunakan di 2019. Ternyata tren tersebut tidak akan mati dan bahkan semakin mendunia di tahun ini. Bukan hanya alat-alat canggih saja yang menggunakannya.

AI bahkan hadir di kehidupan sehari-hari kita. Contohnya aplikasi yang ada di smartphone dan peralatan good house. Penggunaan AI di tahun 2020 akan semakin luas dan membuat kita tidak bisa lepas darinya.

Baca Juga: Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di . Streaming menjadi tren yang diikuti hampir semua orang
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks
radiofrance.frSeperti yang kita tahu, beberapa tahun belakangan hadirlah berbagai layanan streaming. Baik musik, movie, channel televisi, hingga online game. Contohnya adalah Spotify dan Netflix. Hingga saat ini, layanan tersebut berhasil mengumpulkan jutaan pengguna dari berbagai negara.

Tren ini tidak akan mati seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan di 2020 ini, ahli teknologi Ross Benes mengatakan bahwa akan semakin banyak layanan streaming yang bermunculan. Persaingan semakin ketat sedangkan konsumen semakin bingung memilihnya.

5. Teknologi automasi
b-cdn.netYang dimaksud dengan teknologi automasi adalah peralihan peran manusia ke mesin. Contoh sederhananya adalah e-toll dan parkir otomatis. Menurut laporan yang dibuat oleh PWC, setidaknya tiga hingga 30 persen pekerjaan akan beralih ke mesin. Hal ini diprediksi akan terjadi pada awal hingga pertengahan tahun 2020. Contoh nyata yang sedang dikembangkan adalah teknologi cashier-less dan mobil yang bisa berjalan sendiri.

6. Komputer quantum akan dikomersialisasi
govtech.comKomputer quantum adalah teknologi yang telah dikembangkan sejak tahun 2019 terutama oleh IBM dan Google. Ini merupakan jenis komputer yang sangat cepat dan diprediksi dapat mengerjakan semua hal yang kompleks.

Dengan segala kecanggihannya, komputer quantum akan mengubah berbagai aspek kehidupan kita. Kabarnya teknologi ini akan segera dimatangkan dan dikomersialisasi dengan segera. Banyak perusahaan yang membutuhkan segala keunggulan dari komputer quantum.

7. Blockchain akan menjadi lebih praktikal
hpteam.com.brKamu pasti sering mendengar kata blockchain sebelumnya. Ini merupakan istilah untuk serangkaian information yang diolah oleh beberapa komputer. Teknologi ini biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Dilansir dari Venture Beat, kabarnya blockchain akan semakin dikembangkan untuk penggunaan praktikal di tahun 2020. Teknologi tersebut dapat menjadi solusi atas bocornya informasi konfidensial dan penipuan di web.

Itulah sejumlah tren teknologi yang akan kamu jumpai sepanjang tahun 2020. Mana yang paling kamu nantikan?

Baca Juga: 10 Teknologi Rumah Tangga Unik yang Kamu Butuhkan, Ada Smart Toilet!