5 Perbedaan Reksadana dan Saham yang Utama

Investasi menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan hasil keuntungan dari uang yang diberikan. Ada banyak jenis investasi yang tersedia, termasuk juga investasi non rill berupa investasi keuangan. Bagi yang tertarik memilih jenis investasi tersebut tersedia investasi saham dan reksadana yang mempunyai beberapa perbedaan yang dipunyai. Reksadana sendiri merupakan jenis investasi yang dikelola perusahaan aset manajemen sehingga tidak memberikan kebebasan untuk memilih instrumen investasi. Sedangkan untuk investasi saham bisa dilakukan dengan mandiri dan fleksibel. Selain pengertiannya tersebut, beberapa perbedaan reksadana dan saham yang perlu dikenali sebelum akan memilihnya.

1. Cara pengelolaan dana

Perbedaan utama dari reksadana dan saham tentunya dari cara pengelolaan yang dipunyai. Seperti yang di atas, untuk pengelolaan investasi bisa memberikan individu untuk dapat memilih jenis investasi dan perusahaan yang diinginkan. Dana tersebut dikelola langsung oleh investor dan bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu pada broker sebelum akan melakukan transaksi. Tetapi keputusan tersebut tetap pada investor yang mempunyai kuasa penuh atas hal yang akan dilakukan. Sedangkan untuk reksadana saham merupakan jenis investasi yang dikelola oleh perusahaan penyedianya. Sehingga hal tersebut membatasi tindakan yang bisa diambil utamanya untuk beli atau jual reksadana secara langsung. Jenis investasi ini memberikan investor untuk melihat pergerakan saham yang dipunyai dan dikelola oleh perusahaan penyedia reksadana.

2. Tingkat resiko

Perbedaan kedua yang perlu diperhatikan tentunya dari resiko yang dipunyai. Apabila akan melakukan investasi perlu mengetahui terlebih dahulu resiko yang akan didapatkan dari investasi yang diambil tersebut. Untuk tingkat resiko saham dikenal lebih tinggi dibandingkan reksadana. Resiko investor yang menanamkan modal saham bisa mengalami kebangkrutan apabila tidak mempunyai teknik dan pengetahuan untuk bermain saham. Sedangkan tingkat resiko reksadana lebih minim dibandingkan saham. Hal tersebut karena keputusan tidak diambil sendiri melainkan dari perusahaan penyedia reksadana, sehingga bisa meminimalisir kerugian yang dapat terjadi.

3. Hasil investasi

Perbedaan reksadana dan saham selanjutnya adalah dari imbang hasil yang akan didapatkan. Dengan resiko yang besar, investasi saham juga mempunyai imbang hasil yang juga besar. Investor bisa mendapatkan hasil yang sangat besar tergantung dari nilai yang juga ditanamkan. Akan tetapi keuntungan tersebut juga dipotong oleh biaya seperti biaya online trading dengan presentase dari 0,1 hingga 0,3%. Sedangkan untuk hasil dari reksadana yang mempunyai resiko kecil juga imbang hasilnya akan tidak terlalu besar. Sehingga reksadana biasanya dipilih bagi investor yang ingin bermain secara aman. Fee yang butuh dikeluarkan oleh reksadana untuk keuntungan yang didapatkan juga tergantung dari negosiasi yang telah dilakukan.

4. Minimal investasi

Perbedaan utama lainnya yang perlu diketahui mengenai reksadana dan saham adalah dari minimum investasi yang diberikan. Untuk reksadana karena mempunyai resiko yang minim dan keuntungan tidak terlalu besar, bisa menjadi pilihan semua orang karena juga mempunyai biaya minim untuk mulai investasi yaitu mulai dari puluhan ribu saja. Sedangkan untuk investasi saham mempunyai dana minimal yang besar hingga jutaan rupiah. Bagi yang tertarik melakukan investasi saham sebaiknya pastikan untuk tidak mengeluarkan uang 5% dari kekayaan yang dipunyai dan jangan menaruh semua aset dan harga untuk membeli saham.

5. Kebebasan memilih produk investasi

Perbedaan terakhir dari saham dan reksadana adalah dari kebebasan untuk memilih produk investasi yang akan dibeli. Seperti yang telah dijelaskan bahwa investasi saham lebih fleksibel karena investor yang menentukan berbagai keputusan. Hal tersebut juga membuat investor dapat memilih dan memilih produk saham yang diinginkan. Berbeda dengan reksadana yang keputusan untuk membeli produk reksadana akan dikelola oleh perusahaan atau pihak yang telah dipilih.

Dari perbedaan reksadana dan saham di atas bisa menjadi pertimbangan untuk memilih tempat yang menyediakan reksadana terbaik. Salah satunya bisa memilih reksadana di Syailendra yang mempunyai banyak pilihan reksadana seperti reksadana saham, reksadana campuran, reksadana index, reksadana pendapatan tetap, dan lainnya. Syailendra merupakan Manajer Investasi independen terbaik di SCBD yang bisa memberikan pengelolaan reksadana aman bagi partner untuk memberikan pengalaman investasi yang maksimal.

Sumber : https://syailendracapital.com/pengenalan-reksadana/Apa-perbedaan-reksa-dana-dengan-berinvestasi-saham-secara-langsung