Alasan Pemerintah Menerbitkan Obligasi Ritel Indonesia, Kenapa Kamu Harus Membelinya?

Tahun 2020 lalu, pemerintah menerbitkan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) hingga mencapai 18,33 triliun rupiah. Ini merupakan penerbitan surat berharga negara dengan total tertinggi yang sejak tahun 2018 lalu.

Tapi tahukah kamu, apa saja yang melatarbelakangi pemerintah harus menerbitkan surat berharga dilepaskan untuk dibeli oleh individu?

Alasan Pemerintah Menerbitkan ORI

1. Membiayai Program Pembangunan’

Pemerintah memiliki banyak sekali program pembangunan yang harus dijalankan. Bahkan, setiap tahunnya tidak kurang dari 2000 triliun rupiah dana yang dibutuhkan pemerintah untuk melaksanakan program pembangunan tersebut.

Akan tetapi, disisi lain jumlah pendapatan negara selalu di bawah jumlah dana belanja yang dibutuhkan tersebut. Biasanya berkisar di angka 1.800 triliun. Waja sajar kemudian pemerintah perlu menghimpun dana publik untuk menutupi defisit anggaran tersebut.

Dengan menjual obligasi, pemerintah memperoleh dana dari individu dan mengumpulkannya untuk kemudian sebagai modal pembiayaan program pembangunan. Selain menambal defisit APBN, penerbitan obligasi juga ditujukan untuk menutup kekurangan kas jangka pendek serta mengelola portofolio utang negara.

2. Sebagai Instrumen Investasi

Penerbitan obligasi juga sebagai bentuk alternatif investasi yang relatif bebas risiko gagal bayar sehingga memberikan peluang bagi investor dan pelaku pasar guna melakukan diversifikasi portofolio investasi sebagai langkah memperkecil risiko  kerugian dalam berinvestasi.

Tidak hanya itu, Obligasi Ritel Indonesia memberikan capital gain dalam transaksi perdagangan di pasar sekunder. Ini sebagai bentuk keuntungan akibat lebih besarnya harga jual obligasi dibandingkan harga beli.

3. Instrumen Fiskal dan Pasar Keuangan

Penerbitan obligasi oleh pemerintah sekaligus diharapkan dapat menggali potensi sumber pembiayaan APBN yang lebih besar yang bersumber dari investor pasar modal. Selain itu di sistem pasar keuangan, obligasi telah berperan menjadi acuan bagi penentuan nilai instrumen keuangan lainnya.

Lebih dari itu, penerbitan surat berharga oleh negara juga merupakan mandat Undang-undang dan telah diatur di Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara.

Alasan Kamu Perlu Berinvestasi Obligasi

1. Menerima pendapatan stabil dan adanya potensi keuntungan dari capital gain

Memperoleh return secara reguler sangatlah penting bagi beberapa investor. Terutama bagi investor lanjut usia yang sedang dalam masa pensiun dan memerlukan pendapatan tambahan dari uang yang diinvestasikannya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, obligasi adalah jawaban yang paling tepat. Dengan berinvestasi obligasi, kamu tahu secara baik berapa banyak return yang akan kamu peroleh dan tanggal diterimanya setiap bulan.

Stabilitas return adalah perbedaan utama yang bisa kamu rasakan dengan investasi obligasi, dan belum sulit kamu temukan di bentuk investasi lainnya.

2. Diversifikasi Portofolio Investasi

Para investor ulung paham betul bahwa investasi hanya pada satu jenis aset merupakan sebuah kesalahan. Ini mungkin juga sangat perlu ditiru bagi kamu yang masih baru mau memulai memasuki dunia investasi.

Jika kamu berinvestasi di pasar saham, itu sangat baik dalam hal penawaran return yang menarik. Tapi jangan lupa, pasar saham sangatlah cepat berubah dan seringkali sulit diprediksi.

Untuk meminimalisasi kerugian di bentuk investasi lainnya, kamu wajib memiliki obligasi. Obligasi berpotensi membantu menstabilkan portofolio kamu dengan menyediakan aliran pendapatan secara reguler setiap bulan.

3. Mengamankan modal

Semua orang berharap selalu mencapai keuntungan sebanyak-banyaknya. Meski begitu, pasar keuangan selalu juga merupakan panggung pertarungan. Dibandingkan harus kalah dan merugi, kamu mungkin lebih ada pada titik yang aman.

Obligasi memberikan jaminan keamanan tersebut. Kamu akan merasa lebih tenang yang ketika setelah tahu jika modal tersimpan baik dan menuai return, sedangkan pasar dalam kondisi bergejolak.

4. Menyimpan uang dalam bentuk obligasi lebih baik daripada simpanan tabungan bahkan deposito

Benar bahwa tabungan dan deposito adalah model penyimpanan dana yang paling aman saat ini. Terlebih deposito, juga menawarkan bunga yang relatif tinggi. Tapi kamu perlu memiliki obligasi yang menawarkan bunga lebih tinggi dari deposito.

Tidak hanya itu, dana kamu juga tersimpan sangat aman dan dijamin langsung oleh negara karena hutang yang kamu berikan ini ditujukan pada negara yang memegang otoritas.

Mulai Investasi Obligasi Sekarang Juga!.

digibank by DBS telah mengeluarkan produk Investasi SR014, yang menawarkan 4 keuntungan sekaligus, antara lain:

  • Imbalan Tetap

Imbalan tetap yang dapat kamu peroleh senilai 5, 47% per annual yang bisa dicairkan setiap bulan.

  • Mulai 1 Juta Rupiah

Tidak perlu menunggu terlalu lama, hanya dengan uang 1 juta rupiah kamu bisa sudah bisa melakukan pembelian obligasi dan mulai bertransaksi.

  • Bisa Diperjualbelikan

Mulai 11 Juni 2021, kamu sudah bisa melakukan jual beli obligasi di pasar sekunder melalui Aplikasi digibank by DBS.

  • Potensi Keuntungan Obligasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu juga akan memperoleh potensi keuntungan dalam bentuk capital gain dari hasil penjualan obligasi di pasar sekunder.

  • 24/7

Sebagai salah satu pelopor digital bank, kamu tidak perlu datang ke kantor. Semua pelayanan bisa dilakukan secara online melalui aplikasi dimanapun kamu berada dan kapan saja selama 24 jam selama sepekan.

Jangan tunda lagi niat baik kamu untuk berinvestasi. Terlebih dengan berinvestasi di Obligasi Ritel Indonesia (ORI), tidak cuma aman tapi juga memberikan keuntungan yang lebih tinggi.