Cara Mengatasi Diare dengan Mudah di Rumah

 

Diare merupakan kondisi yang tidak terlalu berbahaya dan dapat diatasi dengan aman dan mudah di rumah. Diare dapat menyebabkan buang air besar dengan frekuensi lebih sering. Selain itu, diare juga dapat membuat feses lebih cair dibandingkan biasanya. Apabila mengalami diare, Anda tidak perlu panik dan bisa untuk mengatasinya cukup di rumah dengan beberapa cara mudah seperti berikut ini:

1. Mengkonsumsi banyak cairan

Hal yang berbahaya apabila mengalami diare adalah ketika terjadi dehidrasi berat. Hal tersebut akan membutuhkan perawatan di rumah sakit dan juga tanda-tanda lainnya yang tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi apabila mengalami diare tanpa dehidrasi, Anda bisa untuk melakukan perawatan cukup di rumah. Cara pertama yang penting dilakukan adalah dengan memastikan untuk minum banyak cairan. Dengan minuman banyak cairan juga akan menghindari terjadinya dehidrasi dan mencegah diare dapat menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya. Pastikan untuk mengkonsumsi banyak air putih untuk mengganti cairan tubuh. Selain itu agar lebih efektif, buat oralit yang terdiri dari gula, garam, dan air. Oralit tersebut dapat digunakan sebagai minuman rehidrasi yang dapat mencegah dehidrasi dengan lebih efektif.

2. Memilih makanan rendah serat

Serat biasanya baik dikonsumsi untuk membuat pencernaan lebih lancar. Sehingga apabila mengalami diare yang mempunyai frekuensi buang air besar lebih sering, maka perlu untuk memilih jenis makanan yang rendah serat. Pilih makanan yang mempunyai kandungan nutrisi yang mudah dicerna dan diserap oleh perut. Selain itu pilih juga jenis makanan yang tidak mempunyai rasa kuat seperti makanan pedas, asin, manis, dan juga asam. Sangat disarankan untuk memilih jenis makanan yang mempunyai rasa tawar seperti nasi, roti tawar, dan makanan tawar lainnya. Pilih buah yang baik yaitu dengan kandungan serat air yang bagus untuk diare yaitu pisang dan apel.

4. Konsumsi probiotik

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk cara mengatasi diare adalah dengan mengkonsumsi bahan dengan kandungan probiotik. Pilih makanan atau minuman yang kaya akan probiotik seperti misalnya yogurt maupun tempe. Probiotik dapat membuat bakteri baik di dalam pencernaan menjadi meningkat, sehingga dapat membantu membuat sistem imun lebih baik untuk melawan bakteri yang menyebabkan diare.

5. Menghindari makanan dan minuman penyebab diare

Apabila mengalami diare, hal lain yang diperhatikan adalah dengan menghindari makanan dan minuman tertentu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa akan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan tawar dan menghindari makanan yang kaya rasa. Sehingga hindari makanan yang pedas yang membuat gejala diare lebih parah dan menghambat proses penyembuhannya. Selain itu juga hindari sayuran dan buah yang tinggi serat dan dapat menimbulkan gas. Seperti kacang polong, beri, kubis, kol bunga, buncis, sayuran hijau, paprika, hingga minuman kafein dan alkohol.

6. Minum obat diare

Cara mengatasi diare terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat diare. Anda bisa memilih obat diare yang bisa ditemukan di apotek dengan mudah. Akan tetapi bagi yang mempunyai kondisi tertentu seperti bagi anak dan ibu hamil, bisa untuk mengunjungi dokter dan meminta obat yang cocok dikonsumsi dalam kondisi tersebut. Obat diare tersebut akan dapat untuk mengatasi gejala diare yang dialami. Sehingga dapat cepat sembuh tanpa harus ke dokter dan membuat kondisi menjadi lebih parah. Akan tetapi apabila lebih dari 3 hari diare yang dialami tidak menimbulkan perkembangan, maka sebaiknya segera periksa ke dokter.