Banyak tentunya diantara Anda yang mengalami kondisi susah tidur di malam hari. Padahal kondisi badan sudah begitu lelah dengan rutinitas yang dijalankan di siang hari. Namun ketika susah masuk waktu tidur malam kesulitan di dalam memejamkan mata. Hal ini nyatanya memang kerap kali dialami oleh sebagian besar orang dan membuat rutinitas mereka tertanggung. Insomnia jika dibiarkan bahkan akan memperparah kondisi kesehatan untuk itu maka patutnya bagi Anda dalam berhati-hati. Lalu bagaimana cara mengatasi susah tidur tersebut.

Gangguan susah tidur sebenarnya tetap dapat diobati dengan berbagai macam cara. Mulai dari dengan mengubah kebiasaan tidur, berolahraga bahkan juga dengan mengonsumsi obat-obatan jika perlu. Karena jika seandainya kondisi Anda sudah cukup parah, biasanya dokter sendiri yang akan meresepkan obat-obatan penenang yang akan membantu Anda untuk segera masuk ke alam mimpi. Sebenarnya ada banyak sekali alternatif obat tidur alami selain dengan obat media yang dapat Anda andalkan untuk bisa terlelap ke alam mimpi. Berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Susu, minum susu ternyata dapat digunakan sebagai cara mengatasi susah tidur. Hal tersebut dikarenakan dengan mengonsumsi susu maka akan membantu tubuh di dalam memproduksi hormon melantonin yang bagus untuk memicu rasa kantuk. Jadi nantinya akan membuat Anda lebih cepat terlelap. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang tua memberikan susu kepada buah hati mereka jelang tidur, sehingga si kecil lebih cepat masuk ke alam mimpi. Namun pastikan bahwa susu yang Anda minum tersebut tidak mengandung terlalu banyak gula dan juga telah melalui proses pasteurisasi.
  2. Teh chamomile, sedangkan bagi Anda yang tidak terlalu menyukai konsumsi susu karena memang beresiko menyebabkan gendut bisa memilih untuk minum teh chamomile. Agak berbeda dengan teh pada umumnya yang bisa menyebabkan Anda terjaga karena kandungan kafein yang ada didalamnya. Maka teh chamomile ini justru bisa berperan sebagai obat tidur, karena akan memberikan efek relaksasi pada tubuh.
  3. Kiwi, buah kiwi dikenal banyak sekali mengandung manfaat. Termasuk diantaranya adalah mampu untuk membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Caranya sangatlah mudah, yaitu cukup dengan mengonsumsi sebanyak 2 buah menjelang tidur. Hal tersebut akan memicu pelepasan hormon serotonin yang ada didalam tubuh, sehingga jadi lebih rileks.
  4. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan magnesium, pada dasarnya mineral yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh, sehingga tidak perlu diragukan lagi. ia mampu untuk mengatur siklus maupun kualitas tidur. Banyak sekali jenis makanan yang tinggi kandungan magnesium didalamnya, seperti diantaranya adalah pisang, alpukat, coklat maupun tahu, sehingga Anda dapat mengonsumsinya.
  5. Makanan dan juga minuman dengan kandungan karbohidrat, ternyata ini juga berperan penting untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun pastikan mengonsumsinya setidaknya 4 jam sebelum tidur. Sehingga tidak berdampak buruk pada kesehatan, karena paling tidak sudah dicerna dalam tubuh. Anda juga dapat memilih karbohidrat kompleks yang pada dasarnya jauh lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan karbohidrat sederhana.

Itulah diantara beberapa cara mengatasi susah tidur yang dapat Anda coba terapkan sendiri di rumah. Ada begitu banyak diantara pilihan obat-obatan herbal yang juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan kualitas tidur sehingga menjadi lebih nyenyak, salah satu diantaranya adalah dari Herbana yang diramu menggunakan bahan-bahan alami layaknya jahe, biji pala, daun mint dan sejenisnya, yaitu Herbana Balance Madia Good Night.