Cara Mudah Menangani Anak Sulit Makan

Anak sulit makan tentu cukup membuat resah orangtua . Maka untuk menghadapi permasalahan ini, orang tua harus punyai jalan keluar supaya bisa membuat anak senang makan. cara mengatasi anak susah makan  dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Seperti diketahui untuk mendapatkan energi dan kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak maka anak harus bisa makan dengan lahap dan dengan porsi yang tepat. Berikut beberapa cara  yang dapat dilaksanakan.

1. Olah Nasi Jadi Beragam Menu

Jadi orang tua jangan kehabisan akal saat anak malas makan. Ibu atau ayah dapat berkreatifitas dengan membuat nasi jadi makanan buatan yang lain makin menarik.

Misalkan saja dibuat jadi nasi goreng atau bubur ayam, 2 menu ini ialah yang termudah dibikin. Juga bisa dengan membuat menu yang lebih bervariatif misalnya nasi bakar sampai bola-bola nasi. Atau memberi hiasan pada makanan sehingga makanan terlihat lebih sedap dan menyenangkan bagi anak. Dengan langkah ini, membuat anak menjadi lebih tertarik sama menu makanannya yang bervariasi.

2. Berikan Porsi yang Tepat

Jatah makan anak pasti berlainan sama orang dewasa apa lagi untuk balita. Langkah menangani anak sulit makan yakni dengan memberi jatah makan yang pas dan  tidak boleh terlampau besar.

Anak kecil pasti lebih gampang kenyang dibanding orang dewasa . Maka pemberian porsi makan yang akan sedikit membuat anak menjadi lebih mudah untuk habiskan makanannya.

3. Hindari Konsumsi Susu yang Terlalu Banyak

Konsumsi susu yang terlalu banyak membuat anak mudah untuk kehilangan gairah atau nafsu  makan. Memang susu penting untuk membantu keperluan nutrisi anak, tetapi seharusnya tidak boleh sering diberi dengan jatah berlebihan atau terlalu sering diberi susu.

Anda dapat mengaplikasikan jarak di antara makan yakni tiap 3 jam sekali. Ini untuk membikin periode lapar dan kenyang anak semakin teratur.

4. Makan Bersama

Memberi contoh yang bagus mengaplikasikan makan bersama membuat anak agar semakin menyenangi makanannya. Alasannya sudah pasti karena saat makan bersama dengan  keluarga, situasi jadi lebih hangat hingga memunculkan minat anak untuk makan ditemani orangtua dan anggota keluarga yang lain.

Dengan langkah ini membantu anak untuk terlatih makan bersama-sama dan akan menjadi lebih menyenangi saat makan, karena anggota keluarga di dalam rumah juga ikut makan.

Itulah cara-cara menangani anak sulit makan. Beberapa cara di atas sudah pasti lumayan mudah dan bisa dilaksanakan, khususnya untuk orangtua yang merasa bingung bagaimana membuat anak jadi lahap makan.