Vaksin Covid 19 merupakan cara pemerintah untuk mengurangi dampak virus Corona yang meresahkan sejak tahun lalu. Seperti diketahui virus Corona merebut banyak sekali jiwa mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan juga lansia. Kehadiran vaksin merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia. Nah setelah awalnya muncul vaksin program pemerintah kini muncul lagi ke permukaan yang namanya vaksin gotong royong. Meski sama-sama gratis ternyata kedua jenis vaksin ini punya beberapa perbedaan.

Bagi anda yang membutuhkan informasi terkait vaksinasi dan update virus Corona bisa juga mendapatkannya melalui platform kesehatan SehatQ.com. Kembali lagi, terkait vaksin program pemerintah dan vaksin gotong royong. Lalu apa saja perbedaan antara kedua jenis vaksin ini?

1. Masalah Sumber Pendanaan

Untuk vaksin Covid 19 dari program pemerintah tentu saja disupport pendanaannya oleh pemerintah sepenuhnya. Berbeda dengan vaksin gotong royong yang memiliki sumber dana bukan dari negara melainkan dari instansi yang mengadakan vaksinasi. Misalnya saja instansi atau perusahaan yang mengadakan vaksinasi untuk karyawan dan guru swasta tentu dananya dari perusahaan.

Namun soal biaya vaksinasi apakah gratis atau tidak tenang saja, Karena vaksin gotong-royong diberikan kepada ada karyawan atau masyarakat sipil tanpa dipungut biaya. Namun tetap vaksin gotong royong juga membutuhkan data karyawan yang valid.

2. Tempat Penyelenggaraan Vaksinasi

Hal kedua yang perlu Anda tahu tentang vaksin pemerintah dan vaksin gotong royong adalah soal tempat penyelenggaraannya. Vaksin pemerintah dilakukan di Puskesmas dan juga rumah sakit umum daerah. Alasannya tentu Karena vaksin pemerintah dibayar pemerintah dan bebas menggunakan fasilitas kesehatan dari pemerintah pula.

Sementara untuk vaksin gotong royong sama sekali tidak boleh menggunakan fasilitas kesehatan milik negara. Jadi untuk tempat penyelenggaraannya bisa dilakukan di fasilitas kesehatan milik swasta namun harus mengikuti ketentuan. ketentuannya berupa syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi tempat penyelenggaraan vaksinasi.

3. Perbedaan Jenis Vaksin

 Perbedaan selanjutnya terdapat pada jenis vaksin yang ternyata berbeda pula antara vaksin pemerintah dan vaksin gotong royong. Untuk vaksin pemerintah menggunakan jenis Sinovac, Covax/GAVI, Novavax, AstraZeneca da Pfizer.

Sementara untuk jenis vaksinasi gotong-royong masih belum jelas menggunakan jenis vaksin Apa karena sedang dikoordinasikan untuk menggunakan vaksin Covid 19 buatan perusahaan farmasi Moderna.

Demikian beberapa perbedaan terkait vaksin Covid 19 gotong royong dan juga vaksin pemerintah. Anda sebagai masyarakat yang bijak tentu harus mengetahui adanya perbedaan vaksin-vaksin ini. Jika mungkin anda berpikir bahwa hanya ada satu jenis vaksin Corona yaitu vaksin pemerintah ternyata ada jenis lainnya dengan beberapa perbedaan yang tentunya harus dipahami sejak dini.

Nah bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait vaksin dan virus Corona terupdate maka wajib sekali mengunjungi portal kesehatan SehatQ.com. Website ini selalu update informasi seputar vaksinasi yang ada di Indonesia khususnya. Portal kesehatan ini bisa diakses melalui website ataupun aplikasi yang diunduh di play store dan app store. Nikmati pula fitur-fitur terbaik dari platform kesehatan andalan masyarakat ini mulai dari toko dengan berbagai produk kesehatan dan harga yang terjangkau. Hingga fitur chat dokter untuk keluhan berbagai penyakit Anda yang akan langsung dijawab oleh dokter ahli. Respon dari para dokter yang akan menjawab keluhan anda di platform SehatQ juga terbilang sangat cepat, maka dari itu banyak masyarakat yang menggunakan fitur ini.