Cerita Legenda Danau Toba

Danau Toba yang berada di Sumatera Utara sudah menjadi salah satu tempat wisata populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya menawarkan pemandangan indah, danau yang terletak di kepulauan Samosir ini pun memiliki kisah legenda yang diyakini oleh penduduk setempat. Kisah itu adalah tentang Toba dan pujaan hatinya.

Toba merupakan pemuda sebatang kara yang menjalani hari-harinya dengan monoton. Jika tidak memancing, maka dia bekerja di ladang. Suatu hari, saat sedang memancing di sungai, ada seekor ikan mas yang tersangkut di kailnya. Ada hal menarik dari ikan itu, tubuhnya berwarna kuning dengan sisik keemasan.

Tak lama setelah itu, ikan mas yang ditangkap Toba pun menjelma jadi seorang wanita cantik dan berkata bahwa, dia adalah kutukan Dewa. Wanita cantik itu berterus terang kepadanya kalau Dewa menghukumnya karena sebuah pelanggaran fatal yang pernah diperbuat. Karena hukuman itulah, akhirnya dia dikutuk sebagai ikan mas dan wujudnya akan berubah begitu disentuh.

Setelah kejadian itu, Toba langsung terpikat oleh kecantikan wanita yang ditemukannya dan berniat memperistrinya. Sang wanita pun setuju, tapi dengan satu syarat yang harus dipatuhi Toba. Dia mengatakan, tawaran sebagai istri akan diterima, jika Toba menjaga rahasia asal-usul dirinya kepada siapa pun. Toba pun menyetujui syarat tersebut dan keduanya hidup bahagia.

Kehidupan sebagai pasangan suami istri yang berbahagia pun mulai berubah tatkala kelahiran anak mereka, yaitu Samosir. Sang anak memiliki sifat yang luar biasa menjengkelkan. Dia nakal dan sulit diatur. Nafsu makan Samosir yang begitu besar pun membuat Toba harus bekerja dengan sangat keras demi memenuhi kebutuhan keluarga.

Suatu hari, istri Toba meminta Samosir untuk membawakan makan untuk Toba di ladang. Dengan bermalas-malasan, Samosir pun jalan sambil membawa bekal makan siang ayahnya. Di tengah perjalanan, dia tak kuasa menahan lapar dan akhirnya memakan bekal sang ayah. Toba pun marah besar begitu mengetahui bekalnya dimakan Samosir dan mengatakan, “Dasar anak ikan!”

Sang istri yang tahu kejadian itu pun sangat kecewa. Setelahnya, bumi berguncang dan mengeluarkan air sangat banyak dari dalam tanah disertai hujan lebat. Semakin deras, daratan yang semula ditinggali Toba pun berubah menjadi danau dan istri serta anaknya pun menghilang detik itu juga.

Dibalik kisah cinta tragis antara Toba dan istrinya, danau ini menawarkan pesona alam yang tidak terbantahkan. Ini bahkan dinobatkan sebagai danau terluas di Indonesia sekaligus yang terdalam di Asia Tenggara.

Bila ingin menikmati pemandangannya, pengunjung dapat langsung mendatangi Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara. Sesampainya di sini, warga lokal menyediakan tur keliling danau dengan biaya 5k per orang. Namun, jika hanya ingin berjalan-jalan santai, tidak perlu ada biaya sepeser pun yang dikeluarkan.

Itulah legenda singkat sekaligus rekomendasi wisata yang bisa dinikmati di Danau Toba. Kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi tentang hotel dekat Danau Toba yang murah.

Jika kamu berasal dari luar Pulau Sumatra bisa juga singgah dahulu ke hotel di Medan karena banyak sekali rekomendasi hotel murah di Medan dengan tampilan yang memukau. Selamat berpelesir!