Kunyit menjadi salah satu bumbu dapur yang tidak bisa dipisahkan dalam setiap masakan Indonesia, karena ia berguna sebagai pewarna alami makanan dan juga digunakan sebagai penyedap. Kunyit sendiri pada dasarnya terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah kunyit kuning yang memang umum digunakan sehari-hari dan satu diantaranya adalah kunyit putih. Lalu apa yang membedakan diantara kedua jenis kunyit tersebut? tak lain yaitu dari warnanya, kunyit putih cenderung tidak berwarna putih dan tidak memberikan efek pewarna kepada masakan.

Jika dilihat dari segi manfaat kunyit putih tersebut nyatanya juga berbeda dibandingkan dengan kunyit kuning pada umumnya. Banyak sekali diantara manfaat yang ditawarkan, tak kalah dengan kunyit kuning, berikut ini yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Menjadi obat untuk penyakit maag, manfaat yang pertama adalah dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati maag. Maag ini sendiri pada dasarnya adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh timbulnya luka lambung. Biasanya karena kebiasaan sering telat makan. Kondisi semacam ini akan semakin parah jika seandainya terkena infeksi bakteri. Konsumsi kunyit ini akan membantu meredakan hal tersebut dan menghindari terjadinya infeksi.
  2. Meredakan nyeri haid, hampir semua wanita mengalami rasa nyeri ketika datang bulan atau haid. Hal tersebut nantinya akan menghambat produktivitas. Sehingga harus diatasi dengan tepat, nyeri tersebut dapat diatasi dengan konsumsi ramuan herbal, diantaranya adalah dari bahan kunyit ini. Ia memiliki zat yang dapat memproduksi hormon untuk meredakan rasa nyeri.
  3. Membantu menurunkan berat badan, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, maka kunyit ini bisa dijadikan sebagai solusi untuk membantu penurunan berat badan Anda. Ia memiliki senyawa yang dapat menekan respon terjadinya peradangan, termasuk diantaranya yang ada pada lemak dan juga otot, bagus untuk mengurangi resistensi insulin dan dapat memperbaiki gangguan metabolik dalam tubuh.
  4. Menangkal pertumbuhan sel kanker, kanker dapat terjadi karena pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali dan membuatnya berbalik menyerang tubuh. Beberapa jenis senyawa yang terkandung dalam kunyit putih ini ternyata sangat bagus dalam membantu menangkal penyakit kanker. Juga mampu untuk membunuh beberapa sel kanker.
  5. Antiracun, kunyit putih ini juga dikenal sebagai antiracun, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk menyembuhkan serangan dari bisa ular. Ia bekerja dengan cara menghambat kerja dari racun tersebut. Sehingga nantinya tidak akan menyebar ke bagian tubuh lain.
  6. Obat untuk alergi, senyawa curcuminoids yang terkandung dalam kunyit bagus sekali untuk mengatasi gejala alergi yang terjadi pada kulit, seperti diantaranya adalah rasa gatal. Ia bekerja sebagai antihistamin yang mampu untuk menghambat aktivitas peradangan yang ada pada kulit.
  7. Membantu menjaga kesehatan jantung, konsumsi kunyit putih secara rutin sangatlah bagus untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Sehingga jantung juga tidak bekerja terlalu keras dalam memompa darah, menjaga denyutnya tetap normal dan bagus untuk kesehatan jantung jangka panjang.

Itulah beragam manfaat kunyit putih yang agaknya bisa Anda rasakan untuk kesehatan, bisa dijadikan sebagai terapi untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Tidak perlu khawatir Anda bisa dengan mudah mendapatkan bahan herbal yang satu ini di pasaran. Bahkan jika seandainya malas untuk mengolah produk aslinya, sekarang sudah ada ekstraknya yang praktis untuk dikonsumsi. Nisa Anda beli secara mudah yaitu dari Herbana.