Jenis Aktivitas Fisik Ringan Yang Bisa Jadi Pilihan

Meski anda sudah  dewasa dan lanjut usia, tentu tetap perlu melakukan aktivitas meskipun aktivitas fisik ringan yang penting tetap bergerak untuk otot yang lebih sehat. Lalu apa saja pilihan aktivitas yang bisa dilakukan dan bermanfaat untuk para lansia?

1. Aktivis Ringan Dengan Intensitas Rendah-Sedang

Yang pertama Anda bisa melakukan hal-hal kecil di rumah seperti misalnya membereskan rumah. Mulai dari menyapu, mengepel lantai, mencuci piring dan lain-lain. Memasak di dapur untuk kategori menu makan siang juga termasuk dalam kegiatan atau aktivitas yang ringan dengan intensitas rendah.

2. Aktivis Ringan Dengan Intensitas Tinggi

Anda tidak bisa memilih aktivitas ringan dengan intensitas tinggi yang memerlukan kekuatan cukup. Misalnya mengangkat perabotan rumah atau membawa barang belanjaan dari mobil ke dalam rumah. Kemudian aktivitas seperti menggali tanah di halaman rumah juga termasuk kegiatan dengan intensitas yang tinggi.

3. Aktivitas Fisik Ringan Dengan Olahraga

Selain itu, untuk aktivitas fisik  ringan ada juga beberapa pilihan aktivitas olahraga yang tetap nyaman di lakukan jika anda bosan aktivitas ringan. Aktivitas yang bisa anda pilih yaitu aerobik, penguatan otot, peregangan otot hingga penguatan tulang. Tetapi disarankan dari beberapa jenis olahraga ringan tersebut Anda bisa mengutamakan kegiatan aerobik dan kekuatan otot. Alasannya tentu saja aerobik dan penguatan otot, dapat bermanfaat untuk kesehatan otot jantung dan paru-paru serta kekuatan tubuh.

Itu tadi beberapa aktivitas fisik ringan yang bisa anda pilih untuk orang dewasa dan juga para lansia. Namun untuk membuat olahraga atau aktivitas ringan jadi lebih efektif maka hindari kegiatan olahraga yang tidak aman karena tentu saja bisa membuat cedera. Saat olahraga anda tidak boleh memforsir tubuh dengan olahraga terus menerus. Anda bisa melakukan aktivitas olahraga sebentar namun punya intensitas yang sering.

Anda harus tanya dokter terlebih dahulu saat ingin olahraga ketika punya kondisi kesehatan bawaan. Pastikan pula semua kegiatan yang dilakukan dibarengi dengan yang namanya asupan kalori dan nutrisi yang cukup. Dan tidak lupa, sebelum olahraga melakukan pemanasan dan setelah olahraga melakukan pendinginan untuk kesehatan tubuh.