Fisioterapi merupakan salah satu metode perawatan yang bisa diberikan untuk pasien. Dimana metode perawatan ini diberikan pasien yang mempunyai masalah fungsi fisik pasca sakit. Jenis terapi ini diberikan dengan tujuan untuk dapat mengembalikan pasien ke dalam keadaan normal ataupun dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas hidup yang dipunyai oleh pasien. Fisioterapi sendiri mempunyai beberapa kondisi yang menyebabkan pasien perlu untuk mendapatkan perawatan yang satu ini. Adapun untuk beberapa kondisi yang membutuhkan fisioterapi adalah:

  1. Pertama adalah fisioterapi dibutuhkan bagi pasien yang mempunyai masalah ketika menggerakkan anggota tubuh. Sehingga biasanya fisioterapi juga merupakan layanan kesehatan yang didapatkan untuk penderita stroke.
  2. Selain itu fisioterapi juga bisa dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan yang ditawarkan bagi orang yang mengalami cedera. Sehingga apabila atlit maupun profesi lainnya mengalami cedera bisa untuk melakukan fisioterapi sesuai kebutuhan.
  3. Fisioterapi juga dapat dilakukan bagi orang yang tidak mempunyai dua kondisi di atas tetapi mempunyai keluhan nyeri yang terjadi secara terus menerus. Sehingga untuk meringankan dan menghilangkan gejala tersebut perlu melakukan fisioterapi yang tepat.
  4. Terakhir fisioterapi juga bisa dimanfaatkan bagi yang mempunyai masalah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa dimanfaatkan bagi yang mempunyai masalah berkemih dan kondisi lainnya.

Salah satu jenis fisioterapi yang dapat dilakukan adalah pada dada. Fisioterapi dada ini merupakan terapi yang dapat digunakan yang mengalami penurunan kemampuan batuk. Dimana fisioterapi ini dilakukan tentunya dengan pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya. Mulai dari pemeriksaan fisik, X Ray, data klinis, dan juga lainnya. Sehingga apabila terjadi masalah pada saluran pernafasan maka bisa memanfaatkan fisioterapi yang mempunyai beberapa macam yang dapat diterima. Adapun untuk macam fisioterapi yang dapat dilakukan pada bagian dada adalah seperti berikut ini:

  1. Perkusi dada merupakan macam fisioterapi bagi bagian dada yang pertama. Macam ini akan melakukan pemeriksaan seluruh dada yang membutuhkan drainase. Dimana untuk langkah ini adalah menggunakan tangan yang diposisikan dan akan membentuk cup dan diperkusikan pada permukaan dada. Fisioterapi ini menggunakan gelombang amplitude dan frekuensi yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.
  2. Vibrasi merupakan macam selanjutnya yang menggunakan tekanan bergetar pada bagian dada. Teknik ini sendiri menggunakan teknik untuk meningkatkan turbulensi dan kecepatan pada ekshalasi udara.
  3. Postural drainase merupakan intervensi yang dapat dilakukan untuk melepaskan sekresi.

Adapun untuk teknik yang digunakan dalam fisioterapi ini adalah:

  1. Pertama adalah perkusi dada yang mempunyai beberapa tujuan. Seperti dapat untuk mengkaji kondisi pasien dan tingkat kenyamanannya. Selain itu juga perlu untuk melihat riwayat kesehatannya, area paru, prosedur dan tujuan, dan juga dengan waktu yang tepat.
  2. Selanjutnya vibrasi menggunakan beberapa teknik mulai dari menghirup nafas dan mengeluarkannya melalui mulut. Selanjutnya meratakan telapak tangan dan juga meminta pasien untuk mengeluarkan sputum.
  3. Terakhir adalah postural drainase yang perlu menaruh tangan di bagian dada, pasien menarik nafas, hingga mengeluarkan lendir yang ada di dalam.

Di atas merupakan macam dan teknik fisioterapi dada yang bisa dilakukan. Untuk menerima perawatan tersebut Anda tidak hanya bisa mendapatkannya di rumah sakit. Tetapi juga bisa mendapatkan perawatan di rumah dengan bantuan aplikasi kesehatan seperti Aido. Aplikasi ini memberikan layanan fisioterapi di rumah yang terbaik. Karena penanganan diberikan oleh tenaga medis berpengalaman dari Siloam Hospital. Selain itu Anda juga mendapatkan keunggulan lainnya seperti langkah mudah hingga harga yang kompetitif.