Pijat Refleksi: Pengertian dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Salah satu cara menghilangkan lelah pada tubuh yaitu dengan pijat. Selain menghilangkan lelah, pijat ternyata mampu meredakan nyeri dan cedera. Salah satu diantara jenis pijat tradisional yaitu pijat refleksi.

Pijat refleksi merupakan jenis pijat dengan memberikan tekanan di titik-titik tertentu pada badan. Titik tersebut bisa telapak kaki, punggung kaki, dan betis. Tidak sembarang orang bisa melakukan pijat refleksi, karena jika salah memijat malah akan berujung masalah serius.

Walaupun banyak pijat refleksi terdekat dari rumah Anda, Anda harus tetap melihat kemampuan dari terapis. Anda harus tahu dan yakin bahwa terapis tersebut benar-benar mampu melakukan pijat terapis atau tidak.

Tidak hanya menghilangkan rasa lelah, nyeri, dan cedera, pijat terutama pijat refleksi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Di bawah ini adalah uraian manfaat pijat refleksi bagi kesehatan.

1.   Melancarkan peredaran darah pada tubuh

Tubuh yang mendapatkan sentuhan halus dari pijat refleksi mampu memperlancar peredaran darah. Saat terapis memijat tubuh, simpul pada pembuluh darah akan terbuka. Hal tersebutlah yang membuat peredaran darah tubuh semakin lancar.

Peredaran darah yang lancar dapat menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan yang berhubungan dengan peredaran darah.

2.   Mengurangi stres

Pijat refleksi umumnya berpusat pada pijatan bagian telapak kaki. Pijatan pada telapak kaki ternyata mampu mengurangi stres. Selain itu, telapak kaki dapat mendeteksi gangguan kesehatan lain pada tubuh.

Saat pertama kali terapis melakukan pijatan pada telapak kaki, Anda akan merasakan sakit dan tidak nyaman. Namun, lama kelamaan rasa sakit dan tidak nyaman tersebut akan berkurang. Pijatan lembut pada telapak kaki terbukti ampuh membuat jiwa dan raga menjadi lebih rileks. Jika Anda merasa sedang dalam kondisi stres, segera cari pijat refleksi terdekat agar stres dapat berkurang.

3.   Mengurangi rasa nyeri

Bagian telapak kaki merupakan bagian tubuh yang terhubung dengan sistem saraf pusat. Pijat refleksi pada bagian kaki akan membuat tubuh melakukan penyembuhan mandiri. Pijatan dan tekanan halus dari pijat refleksi mampu mengurangi rasa nyeri akibat tekanan dan stres berlebih.

4.   Meredakan sakit kepala

Sakit kepala bisa menyerang kapan dan dimana saja. Sakit kepala bisa disebabkan oleh tekanan dan kondisi stres berlebih. Untuk membuat Anda menjadi lebih rileks, Anda bisa meminta terapis untuk melakukan pijat refleksi. Pijat refleksi mampu meredakan ketegangan otot dan melancarkan peredaran darah ke kepala.

5.   Meredakan sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan dimana seseorang mengalami susah buang air besar (BAB). Kesulitan dalam buang air besar disebabkan kelainan pada sistem pencernaan, sehingga tinja menjadi keras dan susah untuk dikeluarkan.

Untuk meredakan sembelit, Anda bisa minta ke pada terapis untuk memijat titik-titik tertentu pada bagian telapak kaki, telapak tangan, dan 2 titik di antara pusar. Pemijatan pada bagian-bagian tersebut minimal dilakukan 3 menit pada tiap bagian. Untuk hasil yang optimal, pemijatan minimal dilakukan 3 kali sehari.

6.   Meredakan sakit gigi

Untuk meredakan sakit gigi, pijat refleksi dapat diberikan pada bagian tulang pipi, rahang, di bagian antara ibu jari dan telunjuk, di antara jari telunjuk dan jari tengah, serta bagian lengan atas. Pijatan lembut pada bagian tubuh tersebut membantu meredakan ketegangan pada area gigi. Selain itu, aliran darah yang lancar ke area gigi yang sakit ampuh meredakan sakit gigi seketika.

Itulah tadi beberapa manfaat pijat refleksi bagi kesehatan. Jika Anda merasa tubuh memerlukan pijat refleksi, segera kunjungi website Sejasa. Anda akan menemukan penyedia jasa pijat refleksi terdekat dengan mudah melalui website Sejasa. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung jenis pijat yang dipilih.