Prosedur Klaim Asuransi Allianz Kesehatan Individu yang Mudah

Kesehatan merupakan salah satu hal paling penting yang harus dijaga oleh setiap manusia di dunia. mahalnya biaya perawatan serta pemulihan dari gangguan kesehatan, terkadang akan memberikan beban yang berat pada sistem finansial yang dimiliki dalam diri seseorang. Untuk mengurangi resiko pembiayaan inilah, maka perusahaan asuransi hadir didalamnya. Allianz Life merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik yang ada di Indonesia, dan telah memiliki lebih dari 6 juta nasabah yang tersebar di Indonesia. Melalui sistem asuransi kesehatan individu yang dimiliki, Allianz mencoba membantu Anda untuk mengalihkan berbagai resiko khususnya dalam bidang finansial dari masalah kesehatan yang Anda miliki. Sistem klaim asuransi Allianz  untuk jaminan kesehatan yang mudah, akan lebih menguntungkan Anda sebagai nasabah pemilik premi khusus kesehatan dari Allianz.

Asuransi individu yang dimiliki oleh Allianz ini tidak hanya memberikan Anda jaminan perawatan kesehatan utama saja, namun berbagai perawatan kesehatan tambahan seperti perawatan gigi, kulit dan beberapa perawatan lainnya. Selain perawatan kesehatan jenis asuransi kesehatan individu yang dimiliki oleh Allianz pun juga akan mengcover berbagai jenis keluhan kesehatan yang mengharuskan pemilik premi menjalani rawat inap di rumah sakit. Untuk mempermudah para pemilik premi dalam melakukan perawatan kesehatan ataupun rawat inap, Allianz memiliki kerjasama dengan berbagai jaringan rumah sakit baik didalam maupun diluar negeri. Dengan sistem kerjasama inilah, nantinya pemilik premi dapat dengan mudah melakukan perawatan tanpa harus melalui sistem klaim dana.

Namun bagi Anda para pemilik asuransi kesehatan individu dari Allianz yang melakukan perawatan kesehatan di luar rumah sakit jaringan, sistem klaim pun dapat dengan mudah Anda lakukan. Berikut ini prosedur klaim untuk asuransi kesehatan individu yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah:

  • Bawalah dan lengkapi formulir pengajuan klaim pada saat Anda melakukan pengobatan pada sebuah rumah sakit. Formulir klaim ini biasanya dapat Anda peroleh melalui situs resmi yang dimiliki oleh Allianz atau pun agen asuransi Allianz yang Anda kenal.
  • Mintalah surat rujukan, hasil pemeriksaan, serta surat keterangan pendukung lainnya dari dokter ataupun pihak rumah sakit tempat Anda melakukan pemeriksaan, dengan kop resmi dari instansi tersebut. Copy resep dan bukti pembayaran pun juga harus Anda minta untuk nantinya dapat dilampirkan pada dokumen klaim.
  • Setelah formulir dan berbagai dokumen penyerta lengkap maka Anda dapat mengupload persyaratan tersebut melalui situs resmi Allianz Life Indonesia, ataupun mengirimkannya ke alamat kantor pusat Allianz.

Setelah semua dokumen diterima oleh pihak asuransi, nantinya tenaga analisis profesional yang dimiliki oleh Allianz akan melakukan analisa dan pencocokan data yang telah diterima. Hanya dalam waktu 7 hingga 14 hari kerja, keputusan untuk klaim yang Anda ajukan akan muncul, dimana pemberitahuan biasanya akan dilakukan melalui telepon resmi dan atau email yang memang Anda cantumkan. Prosedur khusus dan cepat akan diberlakukan bagi Anda yang memang mengalami gangguan kesehatan akibat kecelakaan yang tidak diinginkan, dimana proses klaim tidak akan diberikan waktu tunggu, dan langsung akan diterima.

Kemudahan dalam proses klaim asuransi Allianz ini tidak hanya berlaku pada program asuransi kesehatan individu saja, namun berbagai jenis asuransi yang dimiliki oleh Allianz pun juga memiliki sistem kemudahan yang sama. Yang membedakan dari sistem klaim dari masing-masing jenis asuransi adalah dokumen penyerta yang harus diberikan oleh para pemilik premi asuransi sesuai dengan jenis klaim yang mereka ajukan.