Remittance, Fitur Perbankan untuk Mempermudah Transfer ke Luar Negeri

Saat ini, hampir semua Bank terutama di negara berkembang menyediakan fitur remittance. Sebuah layanan yang memungkinkan nasabah untuk mentransfer dana dalam bentuk valas atau valuta asing ke luar negeri. Tidak hanya itu, layanan ini juga merupakan sumber utama perdagangan valuta asing di negara-negara berkembang.

Layanan transfer ke luar negeri ini sangat membantu para TKI ataupun mereka yang tengah menimba ilmu di negeri orang. Hanya saja, sistem transfer valas memang tidak sesederhana ketika kita melakukan transfer antar bank di dalam negeri. Sebab terdapat perbedaan sistem yang diterapkan oleh Bank di tanah air dengan Bank di luar negeri.

 

Komponen yang Terlibat Dalam Layanan Remittance

Jika pada transfer antar bank dalam negeri yang terlibat hanyalah orang yang mentransfer dan penerima transferan, tidak demikian dengan remittance. Ada beberapa komponen yang terlibat dalam layanan ini, diantaranya seperti:

  1. Remitting Bank

Remitting Bank yaitu Bank yang menyediakan layanan transfer ke luar negeri. Bank inilah yang akan mengirimkan dana secara langsung sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh si pengirim dana. Berapa lama proses remittance? Hal ini tergantung pada metode transfer yang digunakan. Waktu paling cepat yakni 10 menit, akan tetapi umumnya baru bisa diterima setelah 1-3 jam dari awal proses transfernya.

  1. Beneficiary Bank

Ini adalah Bank yang telah ditentukan atau ditunjuk oleh pengirim dana agar bisa meneruskan kepada si penerima dana. Jadi, Bank ini yang akan bersinggungan langsung dengan si penerima transferan.

  1. Correspondent Bank

Setelah pengirim menyetorkan dan ke remitting Bank, dana akan melalui correspondent Bank terlebih dahulu. Di sini, correspondent Bank menjadi jembatan antara remitting Bank dengan Beneficiary Bank sebelum dana sampai ke penerima.

  1. Beneficiary

Beneficiary adalah orang yang akan menerima dana transferan melalui layanan remittance. Dengan syarat, namanya telah tertera di form layanan transfer ke luar negeri sesuai dengan instruksi yang diberikan pengirim dana.

 

Kemudahan Transfer Valas dengan Aplikasi

Seiring perkembangan zaman yang dibarengi dengan perkembangan teknologi, kini transfer valas juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Salah satu aplikasi remittance yang terbukti efektif dan terpercaya ialah digibank by DBS.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk transfer valas tanpa harus mendatangi kantor cabang terlebih dahulu. Proses transfer dapat dilakukan dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan smartphone Anda. Anda bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi tanpa menyita waktu juga tenaga.

Tinggal klik aplikasi digibank by DBS. Anda sudah bisa mentransfer dana ke keluarga, teman dan partner bisnis Anda di luar negeri. Mengapa harus menggunakan aplikasi digibank by DBS untuk transfer ke luar negeri? Sebab ada banyak keuntungan yang ditawarkan seperti:

  • Gratis biaya transfer dengan tujuan lebih dari 20 negara dan tujuh mata uang diantaranya USD, AUD, SGD, HKD, CAD, GBP dan EUR
  • FX rate yang terkini karena mengikuti perkembangan nilai tukar dunia setiap harinya. Nilai tukar yang diberlakukan sangat kompetitif, sehingga transfer pun jadi lebih ringan atau hemat bagi nasabah
  • Layanan via aplikasi selama 24/7. Oleh sebab itu Anda bisa menikmati layanannya hanya dengan klik aplikasi digibank by DBS tanpa harus repot datang ke kantor cabang, serta bisa dilakukan kapan saja dan juga di mana saja
  • Dana yang ditransfer akan langsung sampai ke penerima di hari yang sama. Dengan catatan, transaksi yang dilakukan tidak melewati batas waktu yang memang sudah ditentukan. Sebab terdapat pemberlakuan batas waktu pemrosesan transfer valas bebas biaya yaitu pukul 17.00 WIB dan juga batas waktu mata uang yang berbeda untuk setiap mata uangnya.

Layanan remittance memberikan kemudahan dalam melakukan transfer lintas negara. Bahkan bagi negara berkembang, layanan transfer valas ini juga menjadi sumber pendapatan yang potensial. Hal ini tentu sangat membantu sebuah negara dalam menjaga kelangsungan dan perkembangan ekonominya.

Di beberapa negara berkembang bahkan pendapatan dari layanan transfer valas ini mampu mencapai sepertiga dari keseluruhan pendapatan kotor negara itu. Di masa krisis ekonomi sekalipun, pendapatan negara dari layanan perbankan ini akan tetap stabil. Sebab akan selalu ada warga lokal yang menjadi tenaga kerja di luar negeri yang pastinya akan mengirim sebagian pendapatannya ke keluarga di negara asal.

Bagi Anda yang ingin merasakan kemudahan dan dan keuntungan layanan remittance dari digibank by DBS, maka tinggal download dan install aplikasinya. Dengan aplikasi digibank by DBS, Anda akan memperoleh efisiensi dan efektifitas dalam melakukan beragam transaksi perbankan. Dengan sekali klik pada aplikasi, kebutuhan Anda akan terpenuhi.