Resep MPASI 9 Bulan untuk Kebutuhan Memenuhi Gizi Bayi

Makanan pendamping ASI memang banyak jenisnya. Kebanyakan, orang tua akan memberi bubur sebagai penggantinya. Namun ternyata masih banyak resep lainnya yang bisa dikreasikan. Apalagi untuk bayi usia 9 bulan, maka kreasi resep yang baik juga bisa membantu tumbuh kembangnya. Resep MPASI 9 bulan tidak harus bubur tapi bisa makanan lainnya.

Setiap resep tetap harus memenuhi standar gizi untuk bayi. Jadi meskipun dikreasikan sedemikian rupa, jangan sampai menghilangkan kadar gizinya. Bahan yang dikombinasikan juga penting. Tidak bisa asal mencampur tanpa memperhatikan segala aspeknya. Berikut beberapa resep MPASI yang bisa diikuti:

1. Sup Daging Saring

Sembilan bulan adalah usia di mana orang tua sudah bisa memberi makanan bertekstur pada anak. Daging adalah jenis bahan utama dalam resep ini. Tekstur daging yang tergolong berserat dikombinasikan dengan kuah sup yang akan memperlancar proses makan dan mengunyah makanan.

Daging yang diolah bisa dicampur dengan kentang, telur puyuh, wortel, dan ditambah bumbu-bumbu dapur pada umumnya. Masak sop seperti biasa sampai daging empuk. Kemudian saat akan makan, haluskan daging tersebut dengan sendok sampai agak lembut agar mudah dimakan oleh si kecil.

2. Nasi Tim Ikan Patin

Jika ingin memenuhi omega 3 pada anak, maka bisa menambah ikan patin dalam resep nasi tim. Selain kaya akan omega 3, ikan juga bisa memenuhi kebutuhan protein dan gizi lain yang berguna untuk pelengkap nutrisi tubuh. Campuran yang bisa digunakan dalam resep ini juga banyak. Seperti wortel, tomat, dan bahkan keju.

Cara memasaknya mudah. Bersihkan beras dan masukkan dalam rebusan air, kemudian masukkan ikan patin dan bumbunya. Campur hingga beras lunak dan mengental. Jika tidak ada ikan patin, bisa juga dikreasikan dengan ikan lainnya. Asal mengandung omega 3 dan dimasak dengan benar, maka akan memberi dampak baik pada anak.

3. Bubur Tuna Sayur

Ikan tuna juga bisa diaplikasikan untuk resep MPASI 9 bulan yang menyehatkan. Sama seperti ikan patin tadi, ikan tuna juga bisa memberi banyak khasiat untuk anak. Jenis bubur satu ini bisa dikreasikan dengan menambah berbagai sayur pilihan. Seperti buncis, keju, wortel, dan beberapa bahan pendukung lainnya.

Caranya sangat mudah. Masak dulu nasi dengan beberapa bumbu ke dalam air rebusan. Kemudian tumis ikan tuna dan sayuran yang telah dibersihkan. Setelah tumis selesai, campurkan ke dalam nasi yang telah menjadi bubur dan aduk hingga merata. Penyajian makanan ini akan lebih baik jika dalam kondisi hangat.

4. Nugget Ayam Wortel

Bahan utama dalam pembuatan resep ini hanya ayam, telur, dan wortel untuk pelengkap. Ada juga tepung dan bumbu dapur sebagai penambah rasa. Jadi resep ini akan sangat menyehatkan untuk anak karena diolah sendiri dan tanpa bahan pengawet. Proses pembuatannya mudah asal sabar dalam membuat bentuk nugget.

Langkah awalnya adalah menghaluskan ayam dan beberapa bumbu pelengkap. Kemudian tambahkan tepung beserta telurnya. Bentuk sesuai keinginan dan balurkan ke tepung roti. Jika ingin langsung dimakan, tinggal goreng hingga kering. Namun jika ingin disimpan, goreng setengah matang dan masukkan ke freezer.

5. Puding Buah Naga

MPASI tidak harus makanan berat. Puding juga bisa dijadikan pilihan dengan bahan dasar buah-buahan segar. Buah naga adalah salah satu pilihan buah yang bisa dimanfaatkan. Caranya hanya menghaluskan buah naga dan campur dengan bubuk agar-agar. Terakhir tuang ke cetakan saat puding sudah masuk tahap mendidih.

Resep MPASI 9 bulan di atas bisa dijadikan pilihan untuk si kecil. Jika makanan yang diberikan selalu sama, maka anak akan mudah bosan dan semakin sulit makan. Maka dari itu perlu kreasi dengan beberapa resep pilihan agar anak bisa beradaptasi dengan berbagai macam rasa yang tentunya menyehatkan.