Tips Dapur: 5 Cara Membuat Bumbu Instan Siap Saji


Bumbu masak instan semakin disukai oleh ibu rumah tangga di berbagai wilayah Indonesia karena sangat memudahkan proses memasak. Ada banyak bumbu instan yang bisa Anda dapatkan di pasar dan toko. Tapi untuk mendapatkan bumbu instan yang lebih sehat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berbagai bumbu instan yang dijual di pasaran hadir dengan MSG yang bila dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Membuat bumbu instan sendiri akan jauh lebih aman bagi kesehatan keluarga Anda.

Membuat Bumbu Instan Bubuk Sendiri di Rumah

Kaldu bubuk merupakan bumbu instan yang paling populer di Indonesia. Kaldu mampu memperkuat rasa dan aroma dalam berbagai masakan. Dengan mengikuti petunjuk di bawah ini, Anda bisa membuat kaldu bubuk sendiri di rumah dan menggunakannya kapanpun Anda membutuhkan tambahan kaldu.

1. Siapkan seluruh bahan pembuatan kaldu bubuk

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah:

  • 300 gr daging cincang (bisa daging ayam, udang, maupun sapi) tanpa kulit.
  • 1 butir bawang bombai cincang
  • 25 siung bawang putih
  • 100 gr wortel yang sudah dipotong
  • 1 batang prei atau daun bawang, potong-potong
  • 10 butir ketumbar

Setelah semua bahan siap di atas meja dapur, ikuti langkah berikutnya.

2. Haluskan seluruh bahan kaldu bubuk

Gunakan blender atau food processor untuk menghaluskan seluruh bahan kaldu, tanpa tambahan air. Jika bahan kaldu tidak bisa hancur dengan mudah, tambahkan 1 hingga 2 sendok makan minyak goreng. Setelah semua bahan benar-benar halus, masak pasta kaldu di wajan anti lengket.

Aduk bumbu masak instan 20 hingga 20 menit agar kandungan airnya berkurang dan Anda memperoleh kaldu dengan bentuk pasta.

3. Menyimpan pasta kaldu

Pasta kaldu sudah bisa langsung digunakan dan disimpan. Jika Anda ingin menyudahi prosesnya disini, simpan pasta kaldu dalam toples yang sudah steril dan kering. Simpan pasta kaldu dalam kulkas untuk digunakan hingga 1 bulan. Jika disimpan dalam freezer, pasta kaldu bisa tahan lebih lama.

Tambahkan garam untuk membuat pasta kaldu menjadi lebih tahan lama. Semakin banyak kandungan garam dalam pasta kaldu, semakin tahan lama pasta kaldu tersebut.

4. Mengeringkan kaldu agar menjadi bumbu instan bubuk

Untuk membuat kaldu dalam bentuk bubuk, Anda perlu meratakan kaldu pasta di loyang. Panggang kaldu pasta di oven dengan suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit. Anda bisa melanjutkan memanggang hingga agak kering.

Bolak balik kaldu yang dipanggang agar tidak gosong. Setelah hampir mongering, keluarkan kaldu pasta dari oven dan blender lagi sampai menjadi bubuk. Panggang lagi kaldu tersebut sampai benar-benar mongering tapi tidak gosong. Anda bisa memblendernya sekali lagi sebelum menggunakannya.

5. Menyimpan bumbu kaldu bubuk

Seperti halnya menyimpan kaldu pasta, kaldu bubuk perlu disimpan di toples yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Toples yang sudah ditutup rapat harus diletakkan di tempat yang kering serta sejuk. Dibandingkan dengan kaldu pasta, kaldu bubuk lebih awet karena bisa bertahan sampai 3 bulan.

Membuat bumbu masak instan akan lebih mudah dan menyenangkan jika bahan-bahan yang digunakan dalam kondisi baik dan berkualitas. Untuk memperoleh bahan yang berkualitas, Anda hanya perlu memesan melalui TaniHub baik dari smartphone maupun komputer.

Bahan pesanan Anda akan dikirimkan dari petani Indonesia paling cepat 1 hari setelah pemesanan. Anda tidak perlu repot-repot pergi ke supermarket untuk mendapatkan produk segar dan berkualitas.