Tenda anak tentu berbeda dengan tenda yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Karena tenda jenis ini lebih banyak digunakan di pekarangan rumah bahkan di dalam rumah untuk sarana hiburan bagi anak. Namun meski tidak digunakan pada area outdoor seperti di lapangan atau tempat camping, merawat tenda untuk anak tentu juga cukup penting.

Tenda ini sebaiknya dirawat agar tetap awet digunakan bertahun-tahun. Jika anda ingin menghemat budget tidak perlu laundry tenda karena bisa merawatnya hanya di rumah saja. Simak tips dalam perawatan tenda bagi sarana hiburan sekecil ini.

1. Dirikan Tenda Anak

Proses perawatan tenda tentu dimulai dengan cara pembersihannya. Namun sebelumnya tenda anak wajib didirikan terlebih dahulu agar lebih mudah dalam proses pembersihan. Anda juga jadi lebih mudah mengetahui bagian tenda mana saja yang kotor Lalu apakah masih ada barang yang tertinggal di dalam tenda. Dan juga perlu memastikan Apakah tenda terdapat bagian yang berlubang dan perlu ditambal.

2. Bersihkan Tenda

Sebaiknya ketika selesai menggunakan tenda anak, produk ini dibersihkan secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan air tanpa campuran sabun dalam membersihkan tenda yang tentunya sangat praktis. Tidak disarankan menggunakan sabun karena material tenda ini punya sifat yang tidak netral dan tidak cocok dengan pH sabun. untuk mencuci tenda dengan benar yaitu pertama sekali semprotkan air di bagian luar dengan tekanan rendah untuk membersihkan debu yang menempel pada tenda  tanpa harus menggunakan kain lap.

Kemudian Anda bisa menggunakan lap basah untuk mengelap di bagian luarnya namun jangan terlalu keras karena bisa merusak bagian jahitan. Sedangkan untuk bagian dalam tenda juga gunakan lap basah yang sudah diperas secara perlahan dan halus. Ukuran tenda untuk anak yang umumnya kecil tentu lebih mudah dalam proses pembersihannya.

3. Penjemuran Tenda

Setelah dicuci tentu sebaiknya tenda dijemur dengan teknik yang tepat. Anda jangan langsung menjemur tenda pada sinar matahari karena dapat merusak bahan dari tenda tersebut. Sebaiknya lakukan penjemuran pada tempat yang teduh, karena sebenarnya bahan tenda ini sangat mudah kering. Pastikan juga ketika menjemur tidak ada air yang menggenang di bagian tenda.

4. Penyimpanan Tenda

Anda juga harus memperhatikan saat menyimpan tenda. Simpan di tempat khusus yang tidak dijangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan. Nah sebelum penyimpanan, perhatikan apakah ada bagian tenda yang perlu diperbaiki karena robek maka langsung diperbaiki saja agar robekan nya tidak melebar. Ketika menyimpan tenda sebaiknya lipat tanpa tekanan karena cara ini membuat bahan tenda tidak mudah tertekuk sehingga lebih awet. Lalu jangan lupa menyimpannya pada tempat yang kering dan tidak lembab agar menghindari jamur. Tips merawat tenda kemping dalam hal penyimpanannya ini tentu sangat penting agar tenda bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Nah demikian beberapa tips dalam merawat tenda anak agar bisa tetap digunakan dan tahan lama. Jika anak sudah tidak terlalu sering memakai tendanya, anda tetap harus sering mengecek tenda secara berkala untuk memastikan bahwa kondisi tenda tidak berjamur.  Jika anda sedang mencari tenda untuk anak dengan model dan karakter yang variatif dan juga punya kualitas bagus bisa memilihnya di Blibli. Produk tenda-tenda untuk anak yang ada di blibli memiliki kualitas terbaik dan juga terjamin keasliannya. Harganya juga relatif murah mulai dari seratus ribuan saja.