Tips Rebus Ayam Hingga Empuk Tanpa Presto

 

Ayam yang empuk merupakan salah satu hal yang diinginkan ketika sedang memasak daging ayam. Cara mudah mendapatkan ayam empuk tanpa tulang adalah dengan mempresto ayam tersebut. Akan tetapi cara tersebut membutuhkan waktu yang lama dan alat khusus. Sehingga akan menghabiskan gas maupun listrik untuk menyalakan kompor yang digunakan untuk memasak ayam. Selain dengan cara di presto, Anda juga masih bisa menggunakan cara lainnya yang akan bisa membuat ayam cepat empuk dan tetap hemat anggaran. Beberapa pertimbangan untuk dapat membuat ayam rebus cepat empuk yang bisa diperhatikan adalah sebagai berikut ini.

Perhatikan Ukuran Panci Memasak Ayam

Pertimbangan pertama untuk memasak daging ayam agar cepat empuk adalah dari ukuran pancinya. Hal ini juga akan mempengaruhi kecepatan ketika memasak ayam menjadi empuk lebih cepat atau lama. Wadah panci yang tepat adalah dengan ukuran yang sesuai dengan daging ayam yang akan direbus. Apabila pancinya terlalu kecil akan membuat daging menumpuk dan terhimpit satu dengan lainnya dan akan menimbulkan matang yang tidak merata. Sedangkan apabila wadah panci terlalu besar akan membuat air lebih banyak dan juga bisa membuat ayam hancur karena overcooked. Oleh karena itulah pastikan untuk menggunakan panci dengan ukuran yang pas dengan jumlah ayam yang direbus.

Air yang Menutup Permukaan Ayam

Pemberian air untuk merebus ayam juga akan mempengaruhi kematangan dan kecepatannya. Pastikan untuk menuangkan air dingin atau dalam suhu normal secukupnya. Akan tetapi juga pastikan untuk air tersebut menutupi hingga permukaan ayam. Hal ini bertujuan untuk dapat membuat ayam matang bersamaan dan tidak di salah satu bagiannya menjadi tertinggal. Oleh karena itulah pastikan untuk permukaan air untuk merebus ayam sudah menutupi semua permukaannya dengan baik.

Tutup Panci dan Gunakan Api Sedang

Ketika merebus ayam, pastikan untuk menutupnya agar membuat rebusan tersebut cepat matang. Selain itu dengan menutup panci juga akan dapat membuat aroma tidak menguap sehingga daging ayam akan lebih cepat matang. Untuk api yang digunakan untuk merebus ayam juga perlu diperhatikan. Anda tidak perlu menggunakan api besar dengan pikiran bahwa rebusan ayam akan lebih cepat matang. Tetapi cukup mengatur kompor dengan api yang sedang saja, sehingga hal tersebut akan membuat daging ayam matang dengan merata.

Perhatikan Waktu Masak Ayam

Tips terakhir untuk memasak daging ayam tanpa presto tetapi bisa empuk dan tidak menghabiskan gas atau listrik adalah dengan mengetahui waktu masak ayam yang dibutuhkan. Hal ini juga tentunya berbeda dengan ukuran atau berapa banyak ayam yang dimasak. Ketepatan waktu ini dapat digunakan sebagai estimasi untuk merebus ayam dengan tepat sehingga menghindari ayam yang hancur karena terlalu matang atau masih keras karena belum matang. Adapun untuk waktu tepat yang dibutuhkan adalah:

  • Dada ayam tanpa tulang membutuhkan waktu 15-20 menit.
  • Dada ayam dengan tulang membutuhkan waktu 30 menit.
  • Paha ayam membutuhkan waktu 30-40 menit.
  • Ayam utuh bisa direbus selama setidaknya 1 jam.

Cara di atas bisa dipraktekkan ketika akan merebus air agar dagingnya bisa empuk dan lembut. Hal tersebut bisa dimanfaatkan bagi yang ingin mengolah ayam atau juga bagi yang sedang diet sehingga mengonsumsi ayam dengan cara rebus. Apabila memasaknya, pastikan juga telah memilih daging yang segar dan baik seperti yang bisa dibeli di TaniHub yang sudah menjamin kualitas dagingnya masih segar dan baik untuk dikonsumsi.